Selasa, 21 Februari 2017

Sangat Misterius, Suatu Negara Di Asia Lakukan Upgrade F-5 Tiger Dari Perusahaan Israel. Tanda Apakah Ini ???

Meski berita pembelian jet tempur keluaran terbaru cukup semarak di banyak negara, tapi program upgrade jet tempur lawas tak berarti ditinggalkan. Terbukti dari pengumuman Elbit Systems, vendor elektronik pertahanan dari Israel yang menyebutkan per 22 Oktober 2014 telah memperoleh kontrak senilai US$85 juta untuk meng-upgrade armada jet tempur Northrop F-5 Tiger. Yang menarik, Elbit Systems juga menyebut kontrak upgrade tersebut berasal dari salah satu negara di Asia.
Namanya juga Israel yang operasi dan perdagangan militernya serba tertutup, tidak menginformasikan negara Asia mana yang memesan jasa upgrade F-5 tersebut. Sebagai informasi, hingga kini F-5 Tiger dalam berbagai varian masih aktif digunakan oleh AU Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, dan Thailand. Sebelumnya Elbit Systems juga sudah punya rekam jejak di Asia, yakni dalam meng-upgrade sistem senjata dan avionik pada F-5 E/F Tiger AU Singapura dan Thailand.
Beberapa negara di Asia pemilik F-5 Tiger diketahui tidak akan mengambil opsi upgrade dari Elbit Systems. Seperti Indonesia yang tidak punya hubungan diplomatik, perdagangan, dan kerjasama militer dengan Israel. Kemudian dengan Malaysia juga diragukan, mengingat Negeri Jiran ini punya hubungan kurang harmonis dengan zionis Israel. Indonesia sendiri pernah melakukan upgrade lewat proyek “MACAN” dari Belgia. Dan, pemerintah Indonesia tak lama lagi berniat menghentikan masa bakti F-5 E/F Tiger yang telah beroperasi tiga dasawarsa lebih.
Elbit Systems mendapatkan proyek upgrade untuk rentang waktu pengerjaan tiga tahun. Fokus upgrade dilaksanakan pada penyediaan peralatan elektro optik dan komunikasi. Di luar Asia, Elbit Systems pernah menangani modernisasi F-5 Tiger AU Brazil, Norwegia, Swiss, dan Amerika Serikat. Solusi yang ditawarkan Elbit Systems mencakup instalasi glass cockpit dan pemasangan HOTAS (hands-on-throttle-and-stick), dan adopsi perangkat penglihatan malam. (HANS)

Sumber http://www.indomiliter.com/misterius-suatu-negara-di-asia-lakukan-upgrade-f-5-tiger-dari-perusahaan-israel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar